Wednesday, November 26, 2008
Federal City Cat


Boleh dibilang, ini proyek pertama waktu yang-katanya-bengkelku ini dikasih nama Fahrradwerke.
Idenya simpel. Berawal dari obrolan ngalor-ngidul-ngetan-ngulon sesama pengguna Federal, tercetuslah ide untuk mengangkat derajat sepeda yang dulunya populer ini (hei, bukankah semua orang dulu menyebut sepeda MTB sebagai "sepeda Federal", apapun merknya?), tapi sekarang nggak dilirik sama sekali.
Om AdiS(ugondo) mendadak punya ide, gimana kalo Federal lama dipasangi parts modern?
Ide itu lama nggak terealisasi, sampai suatu ketika Om Hendry, empunya sepeda merah putih ini, tiba-tiba kepengin punya Federal. "Dulu waktu kecil gua nggak dibeliin Federal... sekarang kan udah bisa beli sendiri, gua jadi kepengin punya." Nggak lama setelah itu, aku nemuin sepeda ini dalam kondisi fullbike dipajang di forum jual beli Sepedaku.com. Om Hendry kukabarin, dan selanjutnya sepeda ini berpindah tangan...
Giliran mau dirakit, ide lama itu muncul lagi ke permukaan. Dan kok ya semua parts modern yang dimaksud itu kelas atas semua: shifter+external BB crankset+FD XT M760, RD XTR M960... liat spek-nya aja deh, lengkapnya.
Dan Om Hendry ini boleh dibilang kalo udah ada maunya, pasti dapet aja. Head tube frame merah putih ini kan ukurannya standar (30.2mm/ukuran steerer 1"). Kok ya ndilalah dia sukses dapet fork RST Gila T7 yang steerer tube-nya ukuran 1", threaded lagi. Boleh dibilang stok terakhir, soalnya di mana-mana udah nggak ada! Selain itu, rims yang kepasang di sini juga bukan rims "umum", Araya RM17 double-wall, warna coklat titanium! Manis banget...

| frame: Federal City Cat SS | suspension: RST Gila T7 100mm travel, 1" threaded steerer | drivetrain: Shimano XT M760 shifter+crankset+FD, Shimano XTR M960 GS low-normal RD, Shimano CN-HG93 chain SRAM 11-34T 9-speed cassette | controls and brakes: Avid brakelever, Shimano Deore M530 v-brake, MJ risebar, Amoeba Borla 50mm stem+Kalloy quill adaptor, WTB Rocket V saddle (not shown in the picture), generic flatpedal, stock Federal aluminium seatpost | wheels and tires: Novatec 6-bolt 2 cartridge bearing hub+freehub laced to Araya RM17 rims, Schwalbe Jimmy 26x2.10 tires |




Udah selesai, nih? Belum. Ceritanya berlanjut lagi, ketika aku nemuin lagi frame Federal Mt. Everest di Bekasi...

Posted at 04:37 pm by ranggapanji

fafan
October 1, 2010   10:53 AM PDT
 
om cara bedain federal yang asli sama yang palsu bagaimana?

saya punya federal citycat, setangnya udah goyang2, leher setang "besi yang mencengkeram roda2 besi bulatnya udah ancue" sekarang gak pake cengkeraman besi2 bulat" jadi goyang2 waktu direm.

alamat bengkelnya om dimana?
Derazino
June 16, 2010   11:50 AM PDT
 
Om ngedapetin stiker FEDERAL dan city2000 dimana ya? tks b4
 

Leave a Comment:

Name


Homepage (optional)


Comments




Home Next Entry

Blogdrive