Wednesday, November 26, 2008
Federal Mt. Everest


Waktu itu udah malem. Aku udah siap-siap mau matiin laptop waktu nggak sengaja liat ada di sudut monitorku yang lagi browsing Sepedaku.com, kalo ada yang mau jual frame Federal.
Ada fotonya, sih. Tapi, waduh, loading gambarnya lelet, lagi. Tapi... eh, kok logo di top tube itu kok kayaknya pernah kulihat? Lhaaaa, itu frame Mt. Everest!

Langsung keinget Om Hendry yang beberapa hari sebelumnya pernah cerita mau nyari frame yang sama persis kayak si Blacksie. Segera kukabarin. Beberapa hari kemudian, berangkatlah kita malem-malem ke Bekasi untuk ngambil itu frame...
Boleh dibilang, ini titisannya City Cat yang kemarin itu. Cuma kan City Cat itu udah beberapa kali ganti spek, jadi kesamaan yang keliatan dari City Cat yang dulu dengan Mt. Everest ini ya tinggal rims, FD, stem, seatpost sama sadelnya aja. Yang paling kelihatan perubahannya ya fork-nya, sekarang pake XCR travel 120mm, steerer tube 1 1/8". Ini dimungkinkan karena head tube Mt. Everest ini sama kayak Blacksie, 32.7mm... headset-nya aja juga sama, YST G-Force threadless.

| frame: Federal Mt. Everest | suspension: Suntour XCR 120mm travel | drivetrain: Shimano XT M739 shifter+brakelever+crankset+RD, Shimano XT M760 FD, Shimano CN-HG93 chain, Shimano CS-HG50 11-32T 8-speed cassette | controls and brakes: Shimano XTR M960 v-brake, Kalloy flatbar, Amoeba Borla 50mm stem, WTB Rocket V saddle, generic flatpedal, stock Federal aluminium seatpost | wheels and tires: Shimano XT M760 hub+freehub laced to Araya RM17 rims, Specialized Rockster 26x2.10 tires |





Udah selesai, nih? Belum juga!! Lagi-lagi ceritanya berlanjut. Setelah kecelakaan parah yang mengakibatkan frame-nya melengkung dan rim depan Araya-nya pecah, akhrinya setelah frame bisa lurus kembali, rims-nya ditukar Alexrims EN-24 warna merah...


Kalo nggak ada kecelakaan itu, mungkin nggak akan ada Mt. Frankenrest, hehehehe...

Posted at 04:58 pm by ranggapanji
Comment (1)  

United Dominate


Semester kedua 2007, dunia persepedaan Indonesia digemparkan dengan gebrakan United yang meluncurkan frame hardtail original dengan harga yang setara dengan frame-frame non-original (merk palsu, atau yang di sini biasa disebut "generik"). Udah gitu bergaransi, lagi. Langsung saja frame ini laris manis, dan semua orang sepertinya jadi punya Dominate. Apalagi yang putih. Benar-benar sesuai namanya.
Kebetulan ada satu teman, Om Alek, yang beli frame ini untuk dijadikan sepeda MTB pertamanya.
Spek-nya sih standar, Alivio 8-speed. Tapi dengan spek sestandar inipun, harganya masih lebih terjangkau dibanding fullbike selevel yang dikeluarkan Polygon, misalnya...

| frame: United Dominate | suspension: RST Omega, 100mm travel | drivetrain:
Shimano Alivio M410 shifter+brakelever+FD+RD+crankset, Shimano CN-HG50 chain, Shimano CS-HG50 11-32T 8-speed cassette | controls and brakes: Hayes MX-1 with Shimano 6" centerlock rotor, Kalloy risebar+seatpost, Amoeba Borla 50mm stem, United saddle, Wellgo flatpedal | wheels and tires: Shimano Deore M535 hub+freehub laced to Mavic rims, Maxxis Medusa 26x2.10 tires |



Posted at 04:48 pm by ranggapanji
say something here  

Federal City Cat


Boleh dibilang, ini proyek pertama waktu yang-katanya-bengkelku ini dikasih nama Fahrradwerke.
Idenya simpel. Berawal dari obrolan ngalor-ngidul-ngetan-ngulon sesama pengguna Federal, tercetuslah ide untuk mengangkat derajat sepeda yang dulunya populer ini (hei, bukankah semua orang dulu menyebut sepeda MTB sebagai "sepeda Federal", apapun merknya?), tapi sekarang nggak dilirik sama sekali.
Om AdiS(ugondo) mendadak punya ide, gimana kalo Federal lama dipasangi parts modern?
Ide itu lama nggak terealisasi, sampai suatu ketika Om Hendry, empunya sepeda merah putih ini, tiba-tiba kepengin punya Federal. "Dulu waktu kecil gua nggak dibeliin Federal... sekarang kan udah bisa beli sendiri, gua jadi kepengin punya." Nggak lama setelah itu, aku nemuin sepeda ini dalam kondisi fullbike dipajang di forum jual beli Sepedaku.com. Om Hendry kukabarin, dan selanjutnya sepeda ini berpindah tangan...
Giliran mau dirakit, ide lama itu muncul lagi ke permukaan. Dan kok ya semua parts modern yang dimaksud itu kelas atas semua: shifter+external BB crankset+FD XT M760, RD XTR M960... liat spek-nya aja deh, lengkapnya.
Dan Om Hendry ini boleh dibilang kalo udah ada maunya, pasti dapet aja. Head tube frame merah putih ini kan ukurannya standar (30.2mm/ukuran steerer 1"). Kok ya ndilalah dia sukses dapet fork RST Gila T7 yang steerer tube-nya ukuran 1", threaded lagi. Boleh dibilang stok terakhir, soalnya di mana-mana udah nggak ada! Selain itu, rims yang kepasang di sini juga bukan rims "umum", Araya RM17 double-wall, warna coklat titanium! Manis banget...

| frame: Federal City Cat SS | suspension: RST Gila T7 100mm travel, 1" threaded steerer | drivetrain: Shimano XT M760 shifter+crankset+FD, Shimano XTR M960 GS low-normal RD, Shimano CN-HG93 chain SRAM 11-34T 9-speed cassette | controls and brakes: Avid brakelever, Shimano Deore M530 v-brake, MJ risebar, Amoeba Borla 50mm stem+Kalloy quill adaptor, WTB Rocket V saddle (not shown in the picture), generic flatpedal, stock Federal aluminium seatpost | wheels and tires: Novatec 6-bolt 2 cartridge bearing hub+freehub laced to Araya RM17 rims, Schwalbe Jimmy 26x2.10 tires |




Udah selesai, nih? Belum. Ceritanya berlanjut lagi, ketika aku nemuin lagi frame Federal Mt. Everest di Bekasi...

Posted at 04:37 pm by ranggapanji
Comments (2)  

Previous Page

Blogdrive